Minggu, 28 November 2010

Human Development Index (HDI)


HDI adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia. HDI digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara termasuk negara maju, negara berkembang, atau negara terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijakan ekonomi terhadap kualitas hidup. 

Indeks ini lebih fokus pada hal-hal yang lebih berguna daripada hanya sekedar pendapatan perkapita yang selama ini digunakan. Indeks ini juga berguna untuk mengetahui hal-hal yang lebih terperinci dalam membuat laporan pembangunan manusia.

HDI merupakan salah satu indeks yang berguna untuk memusatkan perhatian pada aspek kualitas dari pembangunan dan berguna bagi negara-negara dengan skor HDI yang relatif rendah untuk melihat kembali variabel-variabel nutrisi, kesehatan, dan pendidikan.

HDI mengukur pencapaian rata-rata seuah negara dalam 3 dimensi dasar pembangunan manusia:
a.       Hidup yang sehat dan panjang umur yang diukur dengan harapan hidup saat kelahiran
b.      Pengetahuan yang diukur dengan angka tingkat baca-tulis pada orang dewasa (bobot dua per tiga) dan kombinasi pendidikan dasar, menengah, dan atas (bobotnya satu per tiga)
c.       Standar kehidupan yang layak diukur dengan logaritma natural dari Produk Domestik Bruto (PDB) perkapita dalam paritasi daya beli

Variabel-variabel dalam HDI :
a.       Umur panjang (longevity)
Sebagai pengukur kesehatan dan nutrisi. Umur panjang diukur dengan merata-rata harapan hidup (dalam tahun) dari tingkat kelahiran.
b.      Pendidikan
Terdiri dari rata-rata terbobot antara tingkat melek huruf dari kaum dewasa dalam % dan tahun-tahun utama dari masa sekolah seseorang sepanjang 25 tahun dari umurnya
c.       Standar hidup
Indikator standar hidup adalah produk domestik bruto (PDB) dengan dasar kebutuhan pendapatan yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat nutrisi minimal dan merefleksikan utilitas marginal yang semakin menurun dari pendapatan


Formula yang digunakan:
x indeks =  (x – min(x))  : (max (x) – min (x))

HDI menggambarkan tiga indikator umum berikut:
a.       Indeks harapan hidup = (LE – 25) : (85-25)
b.      Indeks pendidikan = (2/3*ALI) + (1/3*GER)
-          Angka melek hidup dewasa (ALI) = (ALR – 0) : (100-0)
-          Gross enroiment ratio (GER) = (CGER – 0) : (100-0)
c.       Indeks PDB =((log (GDP PPC) - log (100)) : (log (40.000) – log 100)
Keterangan :
LEI : angka harapan hidup
ALR : angka melek huruf

 sumber :
wikipedia Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar