Selasa, 20 September 2011


MEMAHAMI STRATEGI

TUJUAN PERUSAHAAN
A.      Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba (laba jangka panjang)
ROI =  ((Pendapatan - Beban) : Pendapatan) x (pendapatan : investasi)
B.      Memaksimalkan nilai pemegang saham atau menaikkan harga pasar saham perusahaan
C.      Risiko meningkatkan profitabilitas sangat dipengaruhi oleh kemauan pihak manajemen untuk mengambil risiko
D.      Pendekatan banyak stakeholder sistem pengendalian manajemen harus mengidentifikasi tujuan-tujuan pemegang saham, konsumen, para pegawai, para pemasok dan masyarakat dan mengembangkan sistem penilaian untuk menilai kinerja mereka

KONSEP STRATEGI
Strategi mendiskripsikan arah umum yang akan dituju suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Perusahaan mengembangkan strateginya dengan mencocokkan kompetensi intinya dengan peluang industri. Strategi dapat ditemukan dalam dua tingkatan yaitu strategi untuk organisasi keseluruhan dan strategi untuk unit bisnis dalam organisasi, meski begitu tetap ada kebutuhan yang jelas untuk konsistensi di antara keduanya.

STRATEGI TINGKAT KORPORAT
Strategi korporat untuk menjawab pertanyaan di mana sebaiknya bersaing yang merupakan strategi unit bisnis. Analisis strategi tingkat korporat menghasilkan keputusan yang melibatkan bisnis yang akan ditambah, dipertahankan, dikurangi perhatiannya, atau didivestasi (dijual).
Klasifikasi perusahaan berdasarkan strategi tingkat korporat :
1.       Perusahaan dengan industri tunggal beroperasi dalam satu lini bisnis
2.       Perusahaan dengan diversifikasi yang berhubungan beroperasi dalam beberapa industri dan unit-unit bisnis tersebut memperoleh manfaat dari seperangkat kompetensi inti yang umum
3.       Perusahaan dengan bisnis yang tidak berhubungan dengan beroperasi dalam bisnis yang tidak saling berhubungan satu sama lain, hubungan antara unit-unit bisnis bersifat murni finansial dan mengacu pada hubungan sinergi operasi lintas unit bisnis

Kompetensi inti dan diversifikasi korporat
Kompetensi inti adalah kemampuan yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi dan menambah nilai signifikan bagi pelanggan oleh karena itu pertumbuhan berbasis kompetensi dan diversifikasi mempunyai potensi untuk berhasil.

STRATEGI UNIT BISNIS
Strategi unit bisnis berkenaan dengan bagaimana menciptakan dan memelihara keunggulan kompetitif dalam masing-masing industri. Strategi unit bisnis bergantung pada :
1.       Misi unit bisnis  untuk mengembangkan misi ini digunakan model :
a.       Bangun yaitu menambah pangsa pasar bahkan dengan mengorbankan laba jangka pendek dan arus kas
b.      Pertahankan yaitu perlindungan pangsa pasar unit bisnis dan posisi persaingan
c.       Panen : memaksimalkan laba jangka pendek dan arus kas bahkan dengan mengorbankan pangsa pasar
d.      Divestasi yaitu suatu keputusan untuk mundur dari bisnis melalui proses likuidasi perlahan-lahan atau penjualan segera

2.       Keunggunlan kompetitif
a.       Analisis industri
struktur industri harus dianalisis terkait dengan kekuatan kolektif dari lima kekuatan
persaingan yaitu :
-          Intensitas persaingan di antara para pesaing yang ada
-          Daya tawar pelanggan
-          Daya tawar pemasok
-          Ancaman dari barang subtitusi
-          Ancaman pendatang baru yang masuk industri
Observasi yang dibuat sehubungan dengan analisis industri :
-          Semakin kuat lima kekuatan tersebut, semakin rendah kemungkinan profitabilitas industri tersebut
-          Masalah strategis kunci yang dihadapi oleh unit bisnis tersebut akan berbeda dengan industri lain
-          Memahami hakikat setiap kekuatan membantu perusahaan untuk merumuskan strategi yang efektif

b.      Keunggulan bersaing generik
Unit bisnis mempunyai dua cara generik untuk merespon terhadap kesempatan dalam lingkungan eksternal dan mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan yaitu :
-          Biaya rendah melalui pendekatan seperti skala ekonomis dalam produksi, dampak kurva belajar, pengendalian biaya yang ketat dan minimalisasi biaya
-          Diferensiasi yaitu menciptakan sesuatau yang dipandang oleh pelanggan sebagai sesuatu yang unit
-          Analisis rantai nilai untuk menentukan di bagian mana operasi peusahaan dari desain sampai distribusi nilai pelanggan dapat ditambah atau dikurangi serta membantu perusahaan untuk memahami sistem penyaluran nilai

1 komentar: