Selasa, 20 September 2011


SIFAT SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

SISTEM
Sistem merupakan suatu cara tertentu dan bersifat kontinyu untuk melaksanakan suatu atau sekelompok aktifitas

PENGENDALIAN
Elemen-elemen sistem pengendalian
1.       Pelacakak (detector) atau sensor yaitu suatu perangkat yang mengukur apa yang sesungguhnya terjadi dalam proses yang sedang dikendalikan
2.       Penilai (assesor) yaitu suatu perangkat yang menentukan signifikansi dari peristiwa aktual dengan cara membandingkannya dengan beberapa standar atau ekspektasi dari apa yang seharusnya terjadi
3.       Effector  yaitu suatu perangkat yang mengubah perilaku jika assesor mengindikasikan kebutuhan untuk melakukan hal tersebut (umpan balik)
4.       Jaringan komunikasi yaitu perangkat yang meneruskan informasi antara detector  dan assesor serta assesor kepada effector



MANAJEMEN
Proses pengendalian manajemen adalah proses di mana manajer di seluruh tingkatan memastikan bahwa orang-orang yang mereka awasi mengimplementasikan strategi yang telah ditetapkan

PENGENDALIAN MANAJEMEN
Pengendalian manajemen merupakan proses dengan mana para manajer mempengaruhi anggota organisasi lainnya untuk mengimplementasikan strategi organisasi. Beberapa aspek proses pengendalian manajemen :
1.       Kegiatan pengendalian mananjemen yang meliputi :
a.       Merencanakan apa yang seharusnya dilakukan oleh organisasi
b.      Mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas dari beberapa bagian organisasi
c.       Mengomunikasikan informasi
d.      Mengevaluasi informasi
e.      Memutuskan tindakan apa yang seharusnya diambil
f.        Mempengaruhi orang-orang untuk mengubah perilaku mereka
2.       Keselarasan tujuan berarti tujuan seorang anggota organisasi seharusnya konsisten dengan tujuan organisasi
3.       Perangkat penerapan strategi
a.       Struktur organisasi menetapkan peranan, hubungan pelaporan dan pembagian tanggung jawab yang membentuk pengambilan keputusan dalam suatu organisasi
b.      Manajemen SDM merupakan seleksi, pelatihan, evaluasi, promosi, dan pemecatan karyawan guna mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan strategi organisasi
c.       Budaya mengacu pada sekelompok kepercayaan, sikap, dan norma umum yang secara eksplisit maupun implisit mengarahkan tindakan manajerial
4.       Tekanan finansial dan nonfinansial yang merupakan ukuran kinerja
Finansial : hasil-hasil moneter seperti laba bersih, pengembalian atas moda
Nonfinansial : mutu produk, pangsa pasar, kepuasan pelangggan, pengantaran tepat waktu dan semangat kerja karyawan
5.       Pengendalian interaktif mengundang perhatian manajemen pada pengembangan baik negatif maupun positif yang menunjukkan perlu adanya inisiatif strategis yang baru

 PERUMUSAN STRATEGI
Strategi menetapkan secara umum arah tujuan pergerakan organisasi yang diinginkan oleh manajemen. Kebutuhan untuk memformulasikan strategi biasanya muncul sebagai respon terhadap ancaman yang ditermima atau kesempatan.
Perbedaan formulasi strategi dan pengendalian manajemen :
-          Formulasi strategi adalah proses pengambilan keputusan strategi baru, pengendalian manajemen adlah proses implementasi strategi tersebut
-          Formulasi strategi tidak sistematis dan keputusan strategis dapat dibuat kapanpun
-          Analisis strategi melibatkan penilaian dan angka merupakan estimasi kasar, sedangkan proses pengendalian manajemen serangkaian langkah dalam urutan yang dapat dipredikiksikan sesuai dengan jadwal tetp, dan dengan dengan estimasi yang dapat diandalkan

PENGENDALIAN TUGAS adalah proses untuk memastikan bahwa tugas yang spesifik dilaksanakan secara efektif dan efisien. Berorientasi pada transaksi, bersifat ilmiah, dan sebagian besar informasi dalam sebuah organisasi merupakan informasi pengendalian tugas.
Perbedaan antara pengendalian tugas dan pengendalian manajemen :
-          Pengendalian tugas bersifat ilmiah sedangkan pengendalian manajemen tidak dapat disederhanakan menjadi suatu ilmu
-          Pengendalian tugas melibatkan interaksi seorang manajer dengan non manajer, sedangkan pengendalian manajemen merupakan interaksi antar manajer
-          Pengendalian tugas berfokus pada tugas spesifik yang dilakukan oleh unit-unit organisasional sedangkan pengendalian manajemen berfokus pada unit organisasional
-          Pengendalian tugas berhubungan dengan tugas-tugas tertentu, pengendalian manajemen berkaitan dengan aktivitas para menejer dalam memutuskan apa yang harus dilakukan dalam kendala strategis secara umum

DAMPAK INTERNET DALAM PENGENDALIAN MANAJEMEN
1.       Akses secara mudah dan cepat
2.       Komunikasi multi-target
3.       Komunikasi berbiaya rendah
4.       Kemampuan menampilkan citra tertentu
5.       Pergeseran kekuatan dan kendali kepada individu
Meski internet sangat meningkatkan pemrosesan informasi, namun elemen fundamental dari pengendalian manajemen berupa informasi apa yang dikumpulkan dan bagaimana menggunakannya pada dasarnya melibatkan perilaku karena itu tidak dapat digantikan hanya dengan pendekatan formula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar